Jurnal Kompetensi Pedagogik Guru Pdf Download
Click Here ->->->-> https://tlniurl.com/2t2ICO
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi pedagogik guru PAI dalam menerapkan penilaian autentik di SDN Kecamatan Belitang Madang Raya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, peneliti ini mendeskripsikan suatu fenomena atau suatu keadaan sebenarnya yang dialami oleh subyek penelitian. Subyek penelitian ini adalah Guru PAI. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru PAI dalam menerapkan penilaian autentik mencakup perencanaan, penerapan, dan hasil belajar peserta didik. Dari hasil perencanaannya sudah cukup baik karena sudah melakukan standar perencanaan penilaian. Pelaksanaan ketiga aspek penilaian autentik di Kecamatan Belitang Madang Raya lebih sering menggunakan penilaian pada aspek kognitif saja, sedangkan aspek afektif dan psikomotorik jarang digunakan. Hasil belajar peserta didik cukup baik karena rata-rata di atas KKM.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidikan yang setiap tahunnya berubah dan berkembang seiring dengan perkembangan zaman menuntut semua pihak terutama guru untuk meningkatkan kompetensinya. Karena guru merupakan komponen utama dalam sistem pendidikan Guru dalam proses belajar mengajar memiliki peranan yang sangat penting sebagai upaya untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat dan bangsa.oleh karena itu guru harus memiliki kompetensi dalam mengajar yang merupakan kecakapan atau keterampilan dalam mengelola kegiatan pembelajaran. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, kesulitan guru dalam pembelajaran dan solusi guru untuk mengatasi kesulitan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kelas VII di SMP Negeri 3 Kuripan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yang mana data diperoleh melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun metode analisis data bersifat induktif yaitu mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran pendidikan agama Islam sudah cukup baik yang meliputi: a) Kemampuan memahami peserta didik. b) Kemampuan merancang pembelajaran. c) Kemampuan melaksanakan pembelajaran yang mendidik dan dialogis. d) Kemampuan melakukan evaluasi. e) Kemampuan mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. 2) Kesulitan dalam pembelajaran yang meliputi: a) Kemampuan daya serap peserta didik yang berbeda-beda. b) Kurangnya minat belajar siswa. c) Kurangnya perhatian orang tua terhadap belajar anak. d) Kurangnya fasilitas yang tersedia di sekolah. 3) Solusi untuk mengatasi kesulitan dalam pembelajaran yaitu: a) Memberikan pendekatan khusus dan remedial bagi siswa yang lamban menerima materi dan memberikan materi lanjutan bagi siswa yang cepat paham. b) Memberikan motivasi atau dorongan. c) Bekerja sama dengan orang tua wali. d) Memanfaatkan media yang ada.
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi kemampuan kompetensi pedagik guru dalam mendesain pembelajaran di SD Negeri 23 Tolitoli. Penelitian ini menggunakan deskriftif kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan menguumpulkan data-data serta dinyatakan dalam bentuk kata-kata dan gambar, dimana kata-kata disusun dengan kalimat misalkan hasil wawancara antara peneliti dengan informan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggnakan tiga cara yaitu reduksi data, display data dan verivikasi atau penarikan kesimpulan. Kesimpulan pada artikel ini yaitu Guru di SD Negeri 23 Tolitoli memiliki kompetensi yang cukup baik dalam mendesain pembelajaran, meskipun ada beberapa komponen yang belum terlaksana sepennhnya
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisispengaruh kompetensi pedagogik, profesional, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru secara parsial dan simultan. Menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif korelasional.Sampel yang digunakan sebanyak 68 orang guru, diambil dengan teknik sampling jenuh (sensus). Analisis data menggunakan analisis deskriptif regresi linier untuk menguji hipotesis secara parsial dan simultan. Dari hasil analisis dan pengujian diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi pedagogik, profesional, motivasi kerja terhadap kinerja guru secara parsial dan simultan, dengan persamaan regresi Ŷ= 14,554 + 0,661 X1 + 0,477 X2 + 0,581 X3. Ini membuktikan bahwa semakin tinggi kompetensi pedagogik, profesional, dan motivasi kerja, maka kinerja guru juga tinggi dalam mencapai tujuan pendidikan.
Kemajuan suatu bangsa bergantung pada kualitas sumber daya manusianya. Kualitas sumber daya manusia dihasilkan oleh pendidikan yang berkualitas, Menghasilkan pendidikan berkualitas, guru menjadi faktor kunci keberhasilan. Guru merupakan faktor penentu keberhasilan penyelenggaraan pendidikan. Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) mengemban tugas menyiapkan guru profesional, pendidik generasi bangsa masa depan. Guru merupakan jabatan profesional yang memberikan layanan ahli dan menuntut persyaratan kemampuan akademik, pedagogis, sosial, maupun profesional. Hasil uji kompetensi guru pada tahun 2015 menunjukkan kompetensi pedagogis guru rendah menempatkan LPTK sebagai lembaga yang paling bertanggungjawab dengan rendahnya kompetensi yang dimiliki. Diketahui bersama, bahwa guru merupakan produk LPTK, sehingga LPTK adalah lembaga yang lebih bertanggungjawab dengan kondisi tersebut. Masalah ini perlu dijadikan bahan evaluasi bagi LPTK dalam meningkatkan kualitas calon guru. Adapun beberapa rekomendasi perbaikan mutu LPTK adalah 1) perbaikan kurikulum LPTK berbasis KKNI dan SNPT, 2) penguatan sistem pembelajaran yang efektif, 3) Pengembangan model pembelajaran berbasis student center learning, 4) penguatan program magang kependidikan, 5) penguatan pada mata kuliah dasar kependidikan, dan 6) Pengembangan mutu LPTK.
Motivasi belajar diartikan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri individu yang menimbulkan, menjamin kelangsungan, serta memberikan arah kegiatan belajar, sehingga diharapkan dapat mencapai tujuan tertentu. Terwujudnya motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti dukungan sosial orangtua dan persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dukungan sosial orangtua dan persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa SMA di Kota Denpasar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dari SMA Negeri 1 Denpasar dan SMA Dwijendra berjumlah 266 orang. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Motivasi Belajar, Skala Dukungan Sosial Orangtua, dan Skala Persepsi Siswa mengenai Kompetensi Pedagogik Guru. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Hasil uji regresi berganda menunjukkan koefisien regresi sebesar 0,540 dan koefisien determinasi sebesar 0,292, dengan signifikansi sebesar 0,000 (p
Penelitian ini membahas mengenai kompetensi pedagogik guru dalam penerapan pembelajaran daring di sekolah dasar. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru dalam penerapan pembelajaran secara daring di sekolah dasar dan mendekripsikan faktor penghambat dan pendorong pembelajaran tematik secara daring. Penelitian ini menggunakan penelitian deskripstif kualitatif. Subjek penelitian ini mencakup kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dilakukan dengan melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini bahwa kompetensi pedagogik guru terhadap pembelajaran tematik secara daring di sekolah dasarsudah cukup baik. Guru dapat memahami karakteristik peserta didik, mampu menguasai teori belajar dan prinsi-prinsip pembelajaran yang mendidik, melaksanakan pengembangan kurikulum, melaksanakan kegaiatan pembelajaran yang mendidik, melakukan pengembangan potensi peserta didik dan melaksanakan penilaian dan evaluasi. Faktor penghambat guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran tematik secara online di sekolah dasar diantaranya yaitu jaringan internet yang kurang memadai di daerah tempat tinggal masing-masing peserta didik, tidak semua peserta didik memiliki HP, sehingga menghambat guru dalam melaksanakan kegaitan pembelajran tematik secara daring, dan faktor lingkungan sosial (keluarga). Faktor pendukung guru terhadap pembelajaran tematik secara daring di Sekolah dasar yaitu tersedianya sarana dan prasarana yang memadai seperti setiap guru memiliki gawai untuk mempermudah pembelajaran, buku, modul atau LKS, sehingga memudahkan guru dalam melaksanakan kegaitan pembelajaran tematik secara draing selain menggunakan video pembelajaran. 2b1af7f3a8
https://sway.office.com/wpXpVzELoSi5Cfyj
https://sway.office.com/ev7nOxEzqXttPxso
https://sway.office.com/2YPywrb9bWZB3hO3
https://sway.office.com/wIEliHT5SxQ1fIAJ
https://sway.office.com/0TC948MPcK0XbtDK
https://sway.office.com/LnDJBrD1c3JCHwQM
https://sway.office.com/UyKyablLBmT8nhEO
https://sway.office.com/dn9M6Zr53IxMvbGZ
https://sway.office.com/Q5G9FmM2FsX8mv5k
https://sway.office.com/WRrlb6QS4qnkFb9G
https://sway.office.com/EN9AgtJvoF791oGN
https://sway.office.com/vn5Xb8mTNpuZ11sx
https://sway.office.com/EjOblW9yjCpQcSpH
https://sway.office.com/MM8vurGdTBFK7ZCw
https://sway.office.com/gDoM0AubszCRRlUR
https://sway.office.com/sXAAaMy2ug6X0mBg
https://sway.office.com/Ld6D0QOEKHHn6epJ
https://sway.office.com/rDqewjuaEXX23x4G
https://sway.office.com/sb3zRXfbbcduEi6z
https://sway.office.com/KEFI6AIskaYRDP5a
https://sway.office.com/5S14ensJdmSUu4sx
https://sway.office.com/6YXw8jKOWY0VHB6A
https://sway.office.com/DfUOmgTB126xfj9w
https://sway.office.com/VQfiQIpQIyueSPsX
https://sway.office.com/xEJ9eUSIMkb8orCU
https://sway.office.com/wS3zA47tE9Lt127T
https://sway.office.com/YxSuauQbnWhb3jfF
https://sway.office.com/tHRVbL9xnzIQQWfC
https://sway.office.com/7HEBeBe4oddBlmMO
https://sway.office.com/MWPFA0pWor7XLwO2
https://sway.office.com/KC6NoX83IBT5eHje
https://sway.office.com/XGJMiRBhtnBiu6IT
https://sway.office.com/IsdmyYmK0xGHfVBS
https://sway.office.com/HdeItdlTylwH34Tc
https://sway.office.com/rxiItHlrfQFYJm8n
https://sway.office.com/esZAMfAy4ug1hASF
https://sway.office.com/7foeIJP75oS7F8bg
https://sway.office.com/DnTQVFuCEr8FFqU4
https://sway.office.com/UVdGNr9wR5eWWbMk
https://sway.office.com/7dljb6FzcrysEyuS
https://sway.office.com/kBYxdJ1w6SKgx7Uw
https://sway.office.com/qPfJOCeKaCOHPBMQ
https://sway.office.com/SYInXtEMQgK5kAue
https://sway.office.com/KH72FVPPbiiuDLkI
https://sway.office.com/orvrnt33UB1IQG2A
https://sway.office.com/XOtN0yVjZHlhSezz
https://sway.office.com/WpYeLcvXxebs2DXI
https://sway.office.com/Y0SP0QAg7fucExYp
https://sway.office.com/EwGGpq8N7jGeZQA8
https://sway.office.com/JstNGLiD0qNOSSvp
https://sway.office.com/0vqkB0XHADujDsA6
https://sway.office.com/woR7cxJG3L8GEhjY
https://sway.office.com/HFnnXHkEY8AnIGn8
https://sway.office.com/r97vC0KF9AHABx6Q
https://sway.office.com/vnCVIKTjQFoSSpWM
https://sway.office.com/ptPz1jxYaLwRUJnk
https://sway.office.com/NLdeUOfZUJQ7ntwS
https://sway.office.com/dOFyqcxQEVgdNxxV
https://sway.office.com/lSetrABB0UQ95cyo
https://sway.office.com/sx6GhiRD1IGj8vjr
https://sway.office.com/1bLwcTgG4dn1l0ND
https://sway.office.com/wxAIcE3hmtbj8itL
https://sway.office.com/6HmYtvmr1TrJBZC8
https://sway.office.com/NVp5l0YW3AKBnn0r
https://sway.office.com/Er9796AboJ0kpKWu
https://sway.office.com/UBohDkw3imzIjQj3
https://sway.office.com/CuMMdKeoaCnw6lfh
https://sway.office.com/xSGF2VQRT25bIPun
https://sway.office.com/qsOqpIo8wpReT147
https://sway.office.com/MxZdninei8GvFSmH
https://sway.office.com/CAHAatwdRxhSL3Ej
https://sway.office.com/Zq0XLuyhwAUKwmTc
https://sway.office.com/9ZaBPRVXnz7j7jLq
https://sway.office.com/Mldm5UAEoEuqNwtU
https://sway.office.com/iB6II69IS2RIkhiT
https://sway.office.com/Ga7Mhe6VrCubOutF
https://sway.office.com/S5lEbn3wyviI1GCG
https://sway.office.com/Eqxbiy2XyYpNyCMe
https://sway.office.com/Uej77F2MMuWGpzeG
https://sway.office.com/JzbqBNkqBpyF4y8C
https://sway.office.com/MbPh9NunZ2x4rLNt
https://sway.office.com/S0lDc8GzRqwEPFIr
https://sway.office.com/H3FDBJ5c1lRAJFcb
https://sway.office.com/nmpeZD7iLZfXuIki
https://sway.office.com/AVoGt41zlFVnAzH8
https://sway.office.com/hUHE4DAFPk2lXJWH
https://sway.office.com/EOjsKI3zsCs3XjhT
https://sway.office.com/FXqXpeGg7vyjLYBL
https://sway.office.com/UYEygEi2xoVv1Nya
https://sway.office.com/UFWu04MlAYiTIoeJ
https://sway.office.com/9P0lUMBVaO1cnTp7
https://sway.office.com/4B1fh29jxlgzHUQy
https://sway.office.com/W41kRNnikDch7q7i
https://sway.office.com/i1aH6EEgYGteLuEj
https://sway.office.com/idW1HkFEitVucFrf
https://sway.office.com/4D2SWMDDim7oqJM7
https://sway.office.com/BMdrFizu1vLbHmZK
https://sway.office.com/hEKCE2J1HiVEs2KC
https://sway.office.com/2Ga6GPKl3Pyucm1E
https://sway.office.com/ImolueAH3ON2yHhH
https://sway.office.com/XxeEqvxHCvVVv5e3
https://sway.office.com/U51lsN5wN2HpGX4s
https://sway.office.com/2VT6lJBBXzzTLAZP
https://sway.office.com/Xj4tCoCruUfKj5p3
https://sway.office.com/qwjKzMfx7hxHmBwg
https://sway.office.com/nKVo0bdODBvZpmyr
https://sway.office.com/bocw8gTruZ21bsIw
https://sway.office.com/jJAi14RJIZE0fK0b
https://sway.office.com/sF3MlQM8E5JXSjG8
https://sway.office.com/Qwa8SWYnPtIl32NQ
https://sway.office.com/msMC0dJALEpX5xL2
https://sway.office.com/rly1sUaKIjyT2MQR
https://sway.office.com/h8ycgEe8wBMJ7A0l
https://sway.office.com/zgDlR7BA4oNDkb0r
https://sway.office.com/6eyWAY5E7HRib28E
https://sway.office.com/akS9MmtmQSVnGNSH
https://sway.office.com/4A534w48IqDPSdVm
https://sway.office.com/fyijvFWtTHjTdjfF
https://sway.office.com/Q1HgeX8iZADABU5W
https://sway.office.com/HicWCBPwR5QTF8MJ
https://sway.office.com/5Ny2ZqdighVkcHBU
https://sway.office.com/EUHERztjO4fFIc8o
https://sway.office.com/cz2UD8LmDHsW4bTR
https://sway.office.com/UIeS72JAfozo4980
https://sway.office.com/n6D1TZChWquTh5dJ
https://sway.office.com/3r1b3qghPaLkFXwU
https://sway.office.com/UxVrdnTSfUh71OEU
https://sway.office.com/0VKBle3le31JWVLc
https://sway.office.com/nWMIVu4nUCDAYbeu
https://sway.office.com/H72C9dIGqio1Msby
https://sway.office.com/cHw3CPmuuJ1Qj2yd
https://sway.office.com/JYTzBCuoJyB4wcKf
https://sway.office.com/LRqLJQ45ZOpxVH7k
https://sway.office.com/yMv3DwEJw5Arl76y
https://sway.office.com/KA0nXM48t7X9d0b7
https://sway.office.com/lvqQpl8l8LecEJsM
https://sway.office.com/K02IEEaASOLDD0FC
https://sway.office.com/WQYh2YTRiju6Z6DA
https://sway.office.com/J7NuCFDbCQWvpmRp
https://sway.office.com/zz899cI4monFITlW
https://sway.office.com/RsGoB1yGJYB6A3H1
https://sway.office.com/ovp8KIawixAVLC3Y
https://sway.office.com/kTKAloHzIKRQDjPH
https://sway.office.com/ZHkYPcvmXXR2d97n
https://sway.office.com/MGqMPUFJZwmcpq7H
https://sway.office.com/oWNEE6MS8iUsg4l9
https://sway.office.com/k5SC4K4a5iTH1Wg7
https://sway.office.com/HHjos6qijFUxLGye
https://sway.office.com/sA1ViLJZXe2AJzGW
https://sway.office.com/2TzQonrLpYcY6TiB
https://sway.office.com/amuSDtCUQeANyolD
https://sway.office.com/xMBF5zndVdQSsJSN
https://sway.office.com/ODOMOsLBdVrRk0dR
https://sway.office.com/fnOIFbosgRLaJ4fD
https://sway.office.com/xqGI9IW13z4C1otn
https://sway.office.com/Ahifk4lcRmGTOlLR
https://sway.office.com/8ZpgWLYlOAZH7grN